Windows 10: Generasi Baru Windows

Win10_Hero_Big-659x389

REDMOND, Washington – 21 Januari 2015 – Pada hari Rabu, waktu setempat, Microsoft menampilkan generasi baru dari Windows, dengan pengalaman yang dirancang untuk memasuki era komputasi baru yang lebih personal, serta dua perangkat baru untuk memaksimalkan pengalaman penggunaan Windows – mulai dari perangkat berlayar besar sampai yang tidak berlayar sama sekali. Windows 10 akan hadir sebagai layanan yang menawarkan pengalaman lebih aman, inovatif, dan terbaru, untuk mendukung perangkat seumur hidup. Upgrade1 gratis terhadap Windows 10 akan tersedia bagi pelanggan yang menggunakan Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone 8.1, yang melakukan upgrade di tahun pertama.

“Windows 10 menandai permulaan dari era komputasi yang lebih personal di dunia mobile-first, cloud first,” ujar Satya Nadella, CEO Microsoft. “Tujuan kami adalah untuk membuat 1,5 miliar pengguna Windows saat ini jatuh cinta terhadap Windows 10, serta untuk membuat miliaran orang lainnya menggunakan Windows,” tambahnya.

Windows 10: Membuat Komputasi Menjadi Lebih Personal
Windows 10 menandai permulaan dari era komputasi personal, dimana teknologi menghilang dan orang-orang menjadi pusatnya. Di era ini, bukan mobilitas perangkat yang penting, melainkan mobilitas pengalaman adalah hal yang penting. Pengalaman harus dapat diperoleh dengan mudah dari perangkat manapun. Pengguna juga harus dapat secara alami berinteraksi dengan teknologi, seperti saat mereka berinteraksi dengan orang lain – dengan suara, gerak tubuh, ataupun tatapan. Perlindungan privasi memegang peranan penting dalam memberikan pengalaman terpercaya yang membuat orang mampu mengendalikan sendiri pengalaman mereka.

Pada hari Rabu waktu setempat, Microsoft menampilkan berbagai pengalaman baru yang ada di Windows 10, termasuk diantaranya adalah sebagai berikut:

Cortana Hadir di PC dan Tablet. Asisten pribadi Cortana, yang memulai debutnya pada Windows Phone tahun lalu, kini juga tersedia pada Windows 10 PC dan tablet untuk membantu pengguna menyelesaikan keperluan mereka sehari-hari.2 Cortana adalah asisten pribadi yang memiliki kemampuan untuk mempelajari preferensi pengguna agar dapat memberikan rekomendasi yang relevan, akses yang cepat terhadap informasi penting, serta hal-hal penting yang menarik bagi individu terkait. Interaksi dapat dilakukan secara alami dan mudah melalui suara maupun ketikan, dengan fitur-fitur canggih yang dapat mengendalikan Cortana agar lebih terpercaya serta transparan.

Browser Baru “Proyek Spartan” yang membuat Web bekerja untuk sang penggunanya. Windows 10 akan menyediakan browser baru Microsoft, yang saat ini masih disebut sebagai “Proyek Spartan,” yang dibangun dengan tujuan untuk memiliki interoperabilitas. Melalui berbagai fitur utama yang sudah ada pada browser, penemuan dan pencarian menjadi lebih terpercaya. Beberapa fitur paling canggih yang terdapat dalam browser meliputi kemampuan untuk menambahkan keterangan di halaman web yang tengah diakses secara langsung, entah itu dengan keyboard ataupun pena, dan kemudian dapat dibagikan kepada teman-tema secara lebih mudah. Selain itu, browser juga menyediakan tampilan baca yang bebas gangguan dan mampu menampilkan artikel dalam tata letak yang disederhanakan demi pengalaman membaca yang baik bagi artikel online serta offline. Integrasinya dengan Cortana dapat digunakan untuk mencari dan melakukan hal-hal online secara lebih cepat. Semua ini ditawarkan dengan tampilan baru yang dibangun hanya untuk Windows 10.

Xbox Live dan Aplikasi Xbox Baru Membawa Pengalaman Gaming Berbeda di Windows 10. Xbox pada Windows 10 memungkinkan gamer dan developer untuk mengakses jaringan game Xbox Live yang luas pada Windows 10 PC serta Xbox One. Gamer dapat meng-capture, mengedit, dan membagikan momen game terbaik mereka melalui Game DVR. Mereka juga dapat bermain game baru dengan teman-teman mereka melalui perangkat apapun, yang menghubungkan jutaan gamer di seluruh dunia. Game yang dikembangkan untuk aplikasi pemrograman interface baru Windows 10, yakni DirectX12, akan menampilkan perbaikan dalam kecepatan, efisiensi, maupun kemampuan grafis. Gamer juga dapat bermain game di PC mereka, langsung dari Xbox One yang dikontrol untuk Windows 10 tablet maupun PC, di rumah masing-masing.3

Office di Windows 10. Aplikasi Office di Windows 10 menawarkan pengalaman sentuh pertama yang dapat dirasakan dari perangkat apapun. Versi baru dari Word, Excel, PowerPoint, OneNote, dan Outlook dirancang untuk Windows, dikembangkan untuk bekerja melalui sentuhan, dan menawarkan pengalaman Office yang telah pelanggan ketahui serta cintai. Dengan fitur-fitur yang telah familiar di Office, pengguna dapat membuat dan mengedit dokumen Word dengan mudah. Fitur baru berupa tinta di PowerPoint, membiarkan pengguna untuk dapat membubuhi keterangan slide secara real time. Kontrol sentuh pertama baru di Excel memudahkan pengguna untuk membuat dan memperbarui spreadsheet tanpa keyboard ataupun mouse. Versi berikutnya dari Office suite desktop juga sedang dalam pengembangan. Microsoft akan memiliki lebih banyak materi lagi yang dapat disampaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Tambahan fitur dan inovasi Windows 10 yang telah disampaikan pada hari ini adalah sebagai berikut:

Mode Continuum. Pada perangkat 2-in-1, Windows 10 akan dapat berpindah secara mudah dari keyboard, mouse, sentuhan, maupun tablet karena Windows 10 dapat mendeteksi transisi yang memungkinkan peralihan mode secara nyaman.
Aplikasi universal baru. Windows 10 menawarkan aplikasi yang memberikan pengalaman baru, konsisten di seluruh kontinum perangkat, untuk foto, video, musik, peta, people & messaging, serta mail & calendar. Aplikasi-aplikasi built-in ini memiliki desain terbaru yang terlihat dan terasa sama antar aplikasi serta antar perangkat. Konten disimpan dan diselaraskan melalui OneDrive, memungkinkan pengguna untuk memulai sesuatu pada satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat yang lain.
“Segala sesuatu tentang Windows 10 – pengalamannya, diberikan sebagai layanan melalui free upgrade – yang berarti bahwa Windows 10 bukanlah sekedar produk baru, melainkan suatu hubungan yang berkelanjutan – hal yang dapat memberikan nilai berkelanjutan bagi semua pelanggan kami,” ujar Terry Myerson, Executive Vice President, Operating Systems Group, Microsoft. “Generasi baru dari Windows merupakan komitmen. Komitmen untuk membebaskan orang-orang dari kerumitan teknologi dan memungkinkan mereka untuk mengerjakan hal-hal luar biasa.”

Windows 10: Mendukung inovasi dan mengspirasi platform komputasi baru Windows 10 menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan pelanggan – dari Xbox ke PC, smartphone ke tablet, hingga perangkat kecil – mereka merasakan pengalaman yang konsisten, familiar, serta kompatibel. Windows 10 akan beroperasi sebagai satu kesatuan yang sangat luas dari perangkat yang berbeda-beda – dari sensor terkecil sebagai bagian dari Internet of Things, hingga server di pusat data perusahaan di seluruh dunia. Beberapa perangkat memiliki layar 4 inci, beberapa memiliki layar 80 inci, dan beberapa tidak memiliki layar sama sekali. Pada hari Rabu, Microsoft meluncurkan dua perangkat yang akan memungkinkan pelanggan untuk merasakan penggunaan Windows dalam cara-cara baru yang luar biasa.

Windows 10 Membuka Masa Depan Hologram dengan HoloLens Microsoft
Microsoft berbagi contoh revolusioner bagaimana Windows 10 memungkinkan pergeseran dari tampilan tradisional mesin-sentris dari komputasi menjadi interaksi yang jauh lebih pribadi dan humanistik. Sebagai platform komputasi hologram pertama di dunia, Windows 10 meliputi satu set API yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan pengalaman hologram dunia secara nyata. Melalui Windows 10, hologram dapat menjadi aplikasi universal Windows, dan semua aplikasi universal Windows lainnya juga mampu bekerja sebagai hologram – hal yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan hologram tiga dimensi dalam dunia nyata dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan cara-cara baru dalam berkomunikasi, serta mengeksplorasi hal-hal yang lebih personal.

Untuk menampilkan kemungkinan penggunaan hologram pada Windows 10, Microsoft meluncurkan komputer hologram yang paling maju di dunia. Microsoft HoloLens adalah komputer hologram untethered pertama -tidak membutuhkan kabel, telepon, ataupun koneksi ke PC. Microsoft HoloLens memiliki lensa high-definition see-through holographic dan suara spasial, yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat dan mendengar hologram di sekitar mereka. Dilengkapi dengan sensor canggih, sistem generasi berikutnya yang ada pada chip dilengkapi dengan Holographic Processing Unit (HPU), yang memahami apa yang pengguna lakukan dan juga apa yang terjadi di sekitar pengguna. Microsoft HoloLens mampu mengolah data yang berkapasitas terabytes dari sensor yang dimilikinya secara real time, sambil beroperasi tanpa kabel.

Dengan menempatkan hologram tiga dimensi di dunia sekitar pengguna, Microsoft HoloLens memberikan tampilan baru dalam kehidupan pengguna yang dapat memberitahukan apa yang pengguna lihat dan memahami apa yang pengguna katakan melalui gerakan tangan serta suara. Dengan menempatkan pengguna sebagai pusat pengalaman komputasi, Microsoft HoloLens memungkinkan pengguna untuk membuat, mengakses informasi, menikmati hiburan, dan berkomunikasi dalam cara-cara baru yang menarik.

Microsoft Surface Hub mengoptimalkan pengalaman kerja tim di Windows 10 Windows 10 menyediakan perangkat berlayar besar baru yang dapat membantu tim untuk berbagi serta membuat ide bersama-sama. Inovasi perangkat berupa multi-touch dan digital inking, serta built-in kamera, sensor, dan mikrofon, memungkinkan Surface Hub untuk memaksimalkan manfaat yang ditawarkan Windows 10, Skype untuk Bisnis, dan Office 365, memberikan pengalaman baru yang dirancang untuk membuat setiap orang – baik yang berada di tempat jauh ataupun dekat – merasa mereka seolah-olah berada di ruangan yang sama.

Secara khusus, Surface Hub menawarkan state-of-the-art digital white boarding; konferensi jarak jauh instan; kemampuan yang memungkinkan beberapa orang untuk berbagi dan mengedit konten pada layar dari laptop, tablet, maupun telepon; serta platform terpercaya untuk aplikasi layar lebar. Tersedia dalam dua ukuran – 55-inci dan 84-inci – Surface Hub mampu menghilangkan keterbatasan ruang konferensi tradisional, sehingga dapat membuat tim menciptakan karya terbaik mereka bersama-sama.

Technical Preview Windows 10 untuk PC berikutnya akan tersedia secara gratis di Windows Insiders dalam minggu depan, sementara techincal preview Windows 10 untuk ponsel pertama kalinya akan tersedia di bulan Februari. Informasi lebih lanjut mengenai Insider Program Windows dan Technical Previews, dapat dilihat di http://preview.windows.com.

1. Diperlukan perangkat keras dan perangkat lunak dengan spesifikasi minimum tertentu. Ketersediaan fitur mungkin berbeda tergantung perangkat. Beberapa edisi tidak termasuk. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik http://www.windows.microsoft.com.

2. Pada saat peluncuran, Cortana baru tersedia di Negara-negara tertentu

3. Fitur Xbox Live, termasuk rekaman permainan, hanya tersedia dengan games yang mendapatkan dukungan di Negara-negara yang mendukung Xbox Live. Lihat daftar Negara tersebut disini http://www.xbox.com/en-US/live/countries. Pengalaman grafis dengan DirectX 12 hanya dapat ditemukan di permainan tertentu dan chip grafis yang memenuhi standar tersebut. Pada tahun 2015, jumlah permainan yang mendukung pengalaman antar perangkat masih terbatas, tapi jumlahnya akan terus bertambah. Streaming multiplayer dari Xbox One memerlukan koneksi jaringan dan keanggotaan di Xbox Live Gold (dijual terpisah); Gold juga diperlukan untuk memainkan Xbox One secara multiplayer

Sumber : http://news.microsoft.com/id-id/2015/01/21/windows-10-generasi-baru-windows/

About abhywibisana

find here @abhywbsn
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s